Khutbah Shalat Gerhana Bulan

Khotib : KH HASANNURI HIDAYATULLAH 

Acara : Khutbah shalat  gerhana bulan. 

Tanggal : Malam Rabu, 31 januari 2018

Waktu : 20.40 WIB 

Tempat : Halaman Pengajian Rutin Malam Kamis Pon Pes Asshiddiqiyah 3 Putri 

 

Khutbah Pertama 

 

Peristiwa meninggalnya putra baginda Rasulallah SAW yang bernama Sayyid Ibrohim seorang putra dari Ammah Beliau yaitu Mariatul Qibtiyah, sayyid ibrohim ini dalam satu riwayat wafat ketika berumur 12 bulan. Dengan wafatnya sayyid Ibrohim ini Rosulullah di landa kesedihan serta tiba  tiba matahari tertutup dengan keseluruhan sehingga menjadi gelap gulita karena gerhana matahari tersebut.

Dengan peristiwa tersebut seluruh penduduk kota Madinah saling membicarakan masalah tertutupnya matahari ini di sebabkan oleh wafatnya salah satu dari putra beliau. Dari mulut ke mulut pembicaraan masyarakat kota Madinah tersebut terdengar oleh baginda Rosulullah SAW sehingga beliau meluruskan argument itu dengan seraya berkata; 

Sesungguhnya ketika matahari dan bulan tertutup karena gerhana itu adalah di antara tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah SWT bukan disebabkan oleh kematian atau kelahiran seseorang, ketika kalian melihat akan hal tersebut maka lakukanlah 3 perkara : 

Lakukanlah shalat 2 rokaat, yang selanjutnya shalat ini di syariatkan menjadi shalat Khusyuf bagi gerhana bulan, shalat Kusyuf buat gerhana Matahari. 

Perbanyak membaca dzikir Istighfar kepada Allah SWT, bahwa hal ini semua termasuk dari tanda  tanda kebesaran Allah SWT

Perbanyak shodaqoh dari pada hari  hari biasanya. (HR. Bukhari no. 1044)

Hadirin siding sholat khusuf yang dimulyakan oleh Allah SWT. 

Bahkan dalam satu saat pernah dalam satu riwayat ketika terjadi Rosulullah SAW bergegas ke masjid dan mengajak kepada para shohabatnya guna melaksanakan shalat dan memanjangkan shalatnya sepanjang  panjangnya, memperbanyak membaca tasbih dalam ruku dan sujud sebanyak  banyaknya tidak seperti shalat seperti biasanya. Pada waktu itu perasaan para shohabat seketika menyangka bahwa apa yang di lakukan oleh Rosulullah itu ada pertanda bahwa hari kiamat akan segera terjadi. Oleh karena itu dengan adanya gerhana ini dianjurkan dan di syariatkan shalat gerhana dua rokaat. 

Shalat adalah merupakan ibadah utama dalam agama yg menjadi  pintu datangnya pertolongan Allah SWT dalam keadaan bagaimana pun. Sehingga Allah SWT dalam firmannya menyampaikan :  

واستعينوا بالصبر والصلاة 

"Minta lah kalian pertolongan kepada Allah dengan penuh kesabaran dan melaksanakan shalat”

Oleh karena itu terjadinya gerhana ini seolah – olah  kiamat sebentar lagi terjadi, kita minta dan memohon pertolongan kepada Allah SWT agar perjalanan kita menghadapi hari kiamat kelak di beri keselamatan oleh Allah SWT dengan melaksanakan shalat gerhana ini. 

Kiamat adalah satu hal dalam rukun iman yang harus di yakini akan adanya walaupun belum terjadi. Kiamat merupakan suatu kepastian yg di sebutkan ungkapan ceritanya di dalam al-Qur'an. Bahkan di dalam al-Qur'an cerita - cerita tentang kiamat selalu menggunakan فعل ماض. Dalam ilmu Nahwu fi'il madzi biasa di gunakan untuk menceritakan  sesuatu hal waktu yang telah berlalu, tetapi di gunakan untuk menceritakan hari kiamat yang kejadiannya belum terjadi. 

Para ulama ahli tafsir mengatakan bahwa kejadian yang belum terjadi yang di ceritakan dengan fi'il madzi menunjukan bahwa hal itu adalah : 

دلالة على قرب عهدها 

Kejadiannya sebentar lagi akan datang. .

Hari yang sangat dahsyat yang dimana orang – orang kafir mengatakan:

ارحنا ولو الى النار 

" Berikanlah kami tempat istirahat ya Allah, meskipun kami beristirahat di neraka"

Padahal neraka adalah tempat yg begitu dahsyat, ternyata hari kiamat jauh lebih dahsyat. Dan mereka melewati masa – masa sampai dengan di hitung amal perbuatan mereka sehingga untuk menunjukan menjadi penduduk manakah manusia itu dalam perhitungan Allah SWT  karena pilihannya ketika sudah ada diakherat tidak ada lagi : 

ليس فى الأخرة الدار الا الجنة والنار 

"Tidak akan ada lagi kampung (tempat tinggal) di akhirat, kecuali kampung syurga dan kampung neraka" 

Karenanya dengan melalui melaksanakan shalat gerhana ini kita memohon kepada Allah SWT kepada Allah SWT kelak kiamat dating, hisab di lakukan, serta  ketentuan Allah berjalan, mudah  mudahan Allah tempatkan kita di tempat peristirahatan di syurga Allah SWT. 

Sidang shalat gerhana yang di rohmati Allah SWT

Kejadian - kejadian alam mulai dari gerhana, banajir, gempa bumi, dan lain sebagainya adalah  merupakan peringatan - peringatan Allah kepada hambanya untuk melihat kembali bahwa tidak ada di muka bumi ini, tidak ada di alam jagat raya ini yang mempunyai kekuasaan lebih dari pada Allah SWT, oleh karenanya tidak ada jalan lain dalam kehidupan ini kecuali kita adalah fafirru ilallah berlari mengejar karunia Allah SWT.

Karunia dan rahmat Allah itulah yg akan menjadi keselamatan perjalanan kita dari dunia hingga akhirat kelak.  

Akhir zaman kita di peringatkan dengan berbagai macam musibah dan kejadian untuk mengingatkan kita agar kembali kepada Allah SWT melalui jalan kebaikan, sering berkumpul dengan orang  orang yang baik, sering berkumpul di majlis  majlis yang baik, sering meminta kepada Allah agar diberikan teman  teman yang baik, karena perkumpulan yang baik serta berkumpul dengan orang  orang baik akan menjadikan kita ikut terbawa menjadi orang  orang yang mempunyai kebaikan di hadapan Allah SWT. 

Pertemanan dan pergaulan dalam kehidupan ini mempunyai pengaruh yang sangat kuat, menularnya kejelekan terhadap orang yang baik sangat cepat, karenanya jika kita meyakini dalam bergaul kita dengan orang  orang yang jelek tidak mampu untuk mempengaruhi mereka supaya menjadi baik maka sebaiknya kita hindari, akan tetapi jika kita punya keyakinan untuk bias merubah mereka lakukan itu untuk dekat dengan mereka sebagai salah satu jalan dakwak kita mengajak manusia agar lebih dekat kepada Allah SWT. 

عدوى البليد الى الجليد سريعة كالجمريوضع فى الرماد فيخمد 

Menularnya kebodohan,  kejelekan, dan ketidak baikan kepada orang yang pandai, orang yang rajin, serta orang yang baik sangat cepat, ibaratkan orang yang baik itu adalah kayu bakar baik sedangkan orang yang tidak baik adalah api, ketika kayu bakar di letakan di atas api dia akan terbakar, dan ketika selesai terbakar maka ia akan menjadi arang dan hitam ibarat kejelekan – kejelekan yang menumpuk pada pribadinya.  

Karenanya ulama salafus sholihin menyampaikan, salah satu nikmat Allah di dunia ini adalah 

ان يكون خلطائه صالحين 

Teman dan lingkungannya adalah orang – orang yang sholeh, karena dekat orang sholeh akan bisa membukakan pintu hati kita yang dikatakan para ulama, salah satu dari obatnya hati adalah dekat dan berkumpul dengan orang – orang yang sholeh. 

Siding shalat gerhana yang dimulyakan Allah SWT.

Karenanya tidak ada lain dan tidak ada bukan kecuali kita mempunyai harapan yang besar agar kiranya Allah SWT senantiasa memberikan pertolongan kepada kita untuk selalu hidup di lingkungan yang baik agar menjadi pribadi yang baik dan kelak di tempatkan pada kampung yang terbaik yaitu surganya Allah SWT 

أقول قول هذا واستغفرالله لي ولكم ولسائر المسلمين فاستغفروه إنّه هو الغفورالرحيم 

 

 

Khutbah Lainnya