PERKARA-PERKARA YANG DIHARAMKAN KETIKA IHROM

Seperti yang kita ketahui didalam ihrom ada 6 perkara ysng haram untuk dilakukan, diantaranya sebagai berikut :

1. Ada dua pembagian dalam hal perkara pertama bagian ini

• Bagi Laki-laki

a. Menutup kepala

Menutup kepala itu tidak diperbolehkan baik sebagian maupun semuanya,seperti memakai peci,topi dan lain-lain yang sifatnya menutupi kepala.

b. Memakai sesuatu yang melingkar seperti pakaian yang dipakai sehari-hari dan sifatnya permanen,memakai jam tangan,memakai sorban yang melingkar di kepala,memakai sendal yang bagian depan dan belakngnya bisa menutupi kaki.

 

Akan tetapi tidak semua yang melingkar itu diharamkan,ada juga sesuatu yang melingkar tapi diperbolehkan,diantaranya :

- Memakai sabuk

Hukumnya boleh dengan syarat pengait besinya hanya boleh dimasukkan kelubang sabuknya saja dan ujung sabuknya tidak bolrh dikaitkan lagi ketempat sabuk tersebut.

- Memakai cincin

Diperbolehkan karena tidak ada riwayat yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW melepas cincinnya saat berihrom.

• Bagi Perempuan

a. Menutupi wajah

Jika ada perempuan yang wara’ dan tidak ingin melepas cadar atau penutup wajah,maka cadar atau penutup wajahnya bisa dikaitkan dengan kayu agar cadar atau penutup wajahnya tidak menempel kewajah. Kenapa? Karena yang diharamkan itu cadar atau penutup wajah yang menempel kewajahbemakai sarung tangan

b. Memakai sarung tangan

 

2. Memakai wangi-wangian

Semua hal apapun yang berkaitan dengan ihrom tidak boleh ada sesuatu yang sifatnya wangi. Hukumnya haram,jika ada unsur kesengajaan serta memakai wangi-wangiannya saat setelah ihrom juga tidak diperbolehkan seperti contoh:

Saat sebelum berangkat ihrom,pakaian ihrom kita beri wewangian kemudian kita kenakan dan itu boleh untuk dipakai. Akan tetapi,setelah baju itu dilepas tidak boleh dipakai kembali dan harus diganti dengan yang baru atau belum dipakai.

 

Larangan dalam ihrom itu sifatnya ada 2 :

 1.Tarofuh (kesenangan)

    Yang termasuk dalam hal ini adalah : memakai wewangian dan memakai jam tangan.

           2.Itlaf (merusak)

               Yang termasuk dalam hal ini adalah : menyakiti binatang dan merusak tanaman.

Tujuan ihrom ialah agar seeorang bisa mengetahui hakikat dirinya,bahwa sebenarnya dia sedang belajar untuk mengenali dirinya sendiri.Karena ,jika seseorang telah mengenal dirinya dia akan mengenal Tuhan-Nya. (/AF)