Sejarah Singkat

Pondok Pesantren Asshiddiqyah Karawang didirikan pada Tahun 1991. Pendiri Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Karawang diawali dengan pemberian wakaf tanah dari bapak H.Sidiq kepada DR.KH.Nur Muhammad Iskandar SQ setelah penyerahan wakaf tersebut berdirilah Pondok Pesantren Asshiddiqiyah ke 3 di bawah asuhan DR.KH. Nur Muhammad Iskandar SQ. 

Seiring berjalannya waktu dengan pergantian beberapa pimpinan, maka pada tahun 2001 Abah Nur memanggil pulang KH. Hasan Nuri Hidayatullah yang saat itu masih menimba ilmu di Rubat Al Jufri asuhan Habib Zein Bin Smith. mulai tahun 2001, awal kebangkitan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Karawang yang pada saat itu baru mempunyai tiga lembaga pendidikan yaitu Madrasah Ibtida'iyyah (MI), Madarasah Tsanawiyyah (MTs), dan Sekolah Menengah Kejuruah Manageman Bisnis (SMK). 

Silang beberapa waktu, pada tahun 2004 didirikan Madrasah Aliyah (MA), kemudian pada tahun 2012 didirikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Asshiddiqiyah Karawang sebagai lembaga Perguruan Tinggi, Selanjutnya pada tahun 2014 didirikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ma'arif Asshiddiqiyah. Dengan keberagaman lembaga pendidikan, maka Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Karawang dapat membina dan membimbing masyarakat dengan keinginan yang beragam, saat ini beberapa pendidikan yang ada :

  1. MI Asshiddiqiyah 
  2. MTs Asshiddiqiyah 
  3. MA Asshiddiqiyah 
  4. SMP Asshiddiqiyah 
  5. SMK Asshiddiqiyah 
  6. STAI Asshiddiqiyah 
  7. MDA Asshiddiqiyah

Madrasah Diniyah sebagai wadah pengajian kitab - kitab salaf untuk para santri. pada tahun 2016 di buat program Tahfidul Qur'an bagi santri yang berminat menghafal Al-Qur'an. Santri Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Karawang saat ini terdiri dari berbagai daerah sekitar Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatra dan Lain sebagainya. 

Dengan berbagai lembaga pendidikan dan fasilitas yang memadai, kami bertekad untuk mencerdaskan kehidupan Bangsa berbasis akhlaqul karimah. 

 

Ponpes asshiddiqiyah karawang berdiri di atas tanah wakaf, dari beberapa wakifin, yaitu h sidiq bin murba, hj aminah binti wardaya, h abas bin h katam, hj sopiah binti sadi, hj latifah binti h abas, hj rohmah binti wardaya, hj maemunah binti h katam, konaah binti h katam, h abdurohim bin h amir, tasim bin murta, ma ijah binti fulanah, watem binti tarsim.

Dalam perkembangan selanjutnya, menyusul beberapa wakifin lagi, yaitu h sayuti bin h abdurohim, hj tati bin h fathurohman, hj rokayah, h fathurohman.

Kemudian sepanjang perjalanannya, juga memperoleh wakaf lagi dar h agus bin fulan, hj aisyah binti h sulaeman, sehingga sekarang, luas ponpes asshiddiqiyah 3 karawang, kurang lebih 10 hektar.

Lembaga pendidikan yang ada di ponpes asshiddiqiyah 3 karawang adalah madrasah ibtidaiyah (mi) asshiddiqiyah, madrasah diniyah takmiliyah awaliyah (mdta), madrasah tsanawiyah (mts) asshiddiqiyah, madrasah aliyah (ma) asshiddiqiyah, dan madrasah diniyah asshiddiqiyah (mda).

Dibawah kepemimpinan kh hasan nuri hidayatullah, ponpes assshiddiqiyah karawang berkembang pesat, selain penambahan lembaga pendidikan, juga pengembangan ponpes, yaitu ponpes asshiddiqiyah 4 karawang dan ponpes dar asshofa wal wafa jonggol bogor.

Ponpes asshiddiqiyah 4 karawang

Berdiri tahun 2008 diatas tanah wakaf dari h. Abdurrosid, h jaenudin dan h rohmat, yang merupakan penduduk asli pasirukem. Ponpes asshiddiqiyah 4, berlokasi di jl. Singaperbangsa desa pasirukem kecamatan cilamaya kulon kabupaten karawang propinsi jawa barat. Lokasi ponpes asshiddiqiyah 4 karawang, hanya berjarak sekitar 1 km dari ponpes asshiddiqiyah 3 karawang. Lokasinya sangat strategis di pinggir jalan utama cilamaya - tempuran, sehingga masyarakat dan pengguna jalan bisa melihat dengan jelas.

Pengembangan lahan ponpes asshiddiqiyah 4, dilakukan dengan pembelian oleh kh hasan nyri hidayatullah selaku khodimul mahad. Dari hasil tersebut, luas lahannya sekarang menjadi kurang lebih 4 hektar. Lahan yang digunakan untuk bangunan sekolah, asrama, penginapan, dan lapangan olah raga santri sekitar 1,5 hektar, sisanya masih berupa lahan persawahan.

Lembaga pendidikan yang ada di ponpes asshiddiqiyah pasirukem adalah smp ma'arif asshiddiqiyah, smk asshiddiqiyah dan stai asshiddiqiyah karawang. Semua santri yang mukim di sini adalah santri putra.

Ponpes asshiddiqiyah 5

Dar asshofa wal wafa, jonggol kabupaten bogor

Ponpes asshiddiqiyah 5 dar asshofa wal wafa, merupakan ponpes yang baru berdiri. Pendirian ponpes dar asshofa wal wafa dimulai pada tahun 2017, dengan pemberian tanah wakaf seluas 6 hektar dari h harsono. Tidak lama setelah itu, bertambah wakafnya dari h mahrus ali, h tawi dan h muhamad hasyim, sehingga luasnya bertambah menjadi kurang lebih 10 hektar.

Dar asshofa wal wafa dikhususkan untuk santri yatim piatu usia mi/sd. Santri dar asshofa wal wafa tidak dipungut biaya apapun, dan diberi uang saku setiap bulannya. Sementara ini hanya untuk santri putra. Ponpes ini masih dalam tahap pengembangan, baik dari sisi fasilitas, sarana prasarana dan pembelajaran.

Donatur yang setiap bulan menanggung biaya akomodasi dan uang saku untuk santri yatim piatu di Pondok Pesantren Dar Alsofa Wal Wafa, yaitu :

  1. H.  Bambang, dari Jakarta 
  2. H.  Tawi Nawawi, dari Purwakarta
  3. KH. Hasan Nuri Hidayatullah, (Khodimul Ma'had) 
  4. H.  Harsono dari Bekasi
  5. H. Mahrus Ali, dari Cikampek
  6. H. M. Hasyim, dari Karawang
  7. H. Rudi Mahalli,  dari Kalimantan 
  8. H. Saefullah, dari Karawang
  9. H. Zaenal Abidin,  dari Subang
  10. H. Nana Suryana, dari Cikampek
  11. H. Paeruz, dari Cianjur

Suasana pegunungan, dengan panorama hutan buatan menjadi daya tarik tersendiri. Di bawah lokasi ini, juga terdapat aliran sungai dengan air yang jernih dan gua-gua alam. Ini menjadi lokasi strategis untuk belajar, suasananya sangat nyaman, jauh dari hiruk pikuk perkotaan.