Syarah Hadits Jibril | Hidup Itu Harus Bersyukur dan Bersabar

Dalam iman seseorang isinya hanya ada satu diantara dua pilihan yaitu sabar dengan syukur, Sebagaimana sabda nabi: الايمان نصفان : نصف صبر ونصف شكر "iman itu isinya ada dua, separuhnya sabar separuhnya lagi syukur". حقيقة الشكر : صرف العبد جميع ماانعم الله به عليه فيما خلق ﻻجله. 
Hakikat syukur : seorang hamba menggunakan semua hal nikmat yg diberikan Allah kepadanya sesuai dg maksud diciptakannya nikmat tsb. 


Syukur itu tali pengikatnya nikmat. Masing-masing perkara mempunyai pengikat. Syukur tali pengikatnya nikmat, diikat agar tidak hilang. Ilmu tali pengikatnya kertas dan pulpen, diikat agar tidak lepas karna kalo lepas maka disini akan menjadikan manusia sulit. Syukur juga menjadi tambahnya nikmat. 
Sebagaimana firman Allah SWT : 
لءن شكرتم لأزيدنكم ولءن كفرتم ان عذابي لشديد (ابراهيم :٧) "....sesungguhnya jika kamu bersyukur niscaya aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. (Q.S ibrahim : 7) 


Adapun 3 dimensi syukur, yaitu: 
1. Dengan hati 
2. Dengan lisan 
3. Dengan arkan (anggota badan) 

Al-imam assyekh Abdul Qodir Aljaelani membagi sakit kedalam 3 macam, yaitu: 
1. Sakit yang bisa jadi siksaan (عقو بة) 
2. Sakit yang bisa menjadi penghapus dosa (كفارة) 
3. Sakit yang bisa mengangkat derajat seseorang (رفع درجة) 

Sakit yang bagaimana yang bisa di kategorikan sakit yang bisa jadi siksaan? 
Yaitu sakit yang diiringi dengan selalu marah-marah, sakit yang diiringi dengan perasaan tidak rela sehingga sakit yang dirasakan bisa mendatangkan siksa Allah dan sakit itu sendiri merupakan siksaan.

kemudian sakit yang seperti apa yang bisa menjadi penghapus dosa? 
Yaitu sakit yang dibarengi dengan kesabaran, menyadari bahwa itu dari Allah, sabar menghadapinya sehingga sakit yang di lewati bisa menghapuskan dosanya.

yang ketiga sakit yang bisa mengangkat derajat seseorang, yaitu sakit yang disertai hati yang senang, hati yang ridho dan selalu menyadari bahwa itu dari Allah Ta'ala. 


Hadist jibril hal.165
Senin, 13 februari 2018