Zuhud | Meniggalkan Rasa Cinta Terhadap Dunia

Zuhud ialah ترك الرغبة فى الدنيا والميل اليها "Meninggalkan rasa cinta terhadap dunia dan meninggalkan sesuatu yang dapat menyondongkan hati pada dunia" 
Orang punya dunia tidak dilarang, kaya tidak dilarang, punya jabatan tidak dilarang, yang dilarang itu jika cinta kekayaan, cinta jabatan, itu dilarang. Dalam Al-Qur'an pun disebutkan : 
ولا تنس نصيبك من الدنيا ( القصص : ٧٧)
" Dan jangan lupa bagianmu dari dunia". ( Q.S. Al-Qoshosh ayat 77 )
Silahkan ambil bagian kalian didunia tapi jangan dicintai. 
Dunia itu sifatnya meracuni, hingga siapapun yg mencintai dunia ia akan merasa kebingungan. 
Dunia ini artinya rendah, sama seperti دناءة ( renda h )

Allah memberikan dunia ini pada siapa saja. Pada orang 'alim, orang bodoh, orang kafir, orang muslim, semua orang yg di cintai-Nya atau tidak di cintai-Nya dunia ini Allah kasih. 
Dunia ini tidak istimewa, karna Allah memberikan dunia ini pada siapa saja. Sedangkan sesuatu yg istimewa itu hanya di berikan pada orang-orang tertentu saja. 
Dalam sebuah hadist di katakan : "jika dunia ini sama nilai nya dengan sayap lalat di sisi Allah, niscaya Allah takkan memberi minum orang kafir walau hanya seteguk air" 
Dunia itu terlaknat dan segala sesuatu yg ada didalam dunia itu terlaknat, kecuali orang yg senantiasa berdzikir pada Allah (mengingat Allah) atau orang 'alim atau orang yg mau belajar.

Selasa, 24 januari 2018 
Kitab syarah hadits zibril : 161